Susunan Makalah Yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Sebenarnya ada banyak artikel tentang contoh makalah yang lengkap, baik dan benar di internet, tapi mudah-mudahan tulisan kali ini bisa membantu anda dengan menyajikan secara lebih detail bagaimana mudahnya menyusun makalah secara baik dan benar dengan berpedoman pada kerangka makalah yang meskipun bisa berbeda-beda antara institusi tempat dimana anda belajar yang satu dengan yang lainnya, tapi inilah kerangka, format atau susunan makalah yang umum digunakan untuk makalah dengan bahasa Indonesia.

Susunan Makalah Yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Pada saat kita akan membuat atau menyusun makalah, sudah seharusnya berpedoman pada kerangka makalah. Kerangka makalah yang baik dan benar terdiri dari:
  1. Cover
  2. Daftar Isi
  3. Kata Pengantar
  4. Bab I Pendahuluan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran
Contoh Makalah
Contoh Makalah

Contoh Cover Makalah

Untuk membuat cover atau jilid makalah, biasanya kita isi dengan beberapa keterangan yang meliputi nama siswa/siswi/kelompok yang membuat makalah, judul makalah, nama dosen/guru, logo universitas/sekolah, serta nomor mahasiswa/absen. Beikut ini Contoh Cover Makalah:



Contoh Daftar Isi Makalah

Daftar Isi Makalah biasanya berisi susunan isi makalah. Judul dan nomor halaman setiap uraian yang ada di makalah ditulis dan disusun dengan rapi. Berikut ini contoh halaman Daftar Isi yang lengkap, baik dan benar:



Contoh Kata Pengantar

Halaman kata pengantar berisi kata pengantar atau salam pembuka. Isi dari kata pengantar atau salam pembuka biasanya berhubungan dengan dasar pemikiran kenapa judul/tema makalah tersebut dipilih untuk dibahas. Akan tetapi, dasar pemikiran yang ditulis hanya sekilas saja, dan diakhiri dengan tanda tangan pembuat makalah. Berikut ini Contoh halaman Kata Pengantar:



Contoh Pendahuluan Makalah

Dalam Pendahuluan Makalah kita harus menuliskan sesuai dengan kerangkanya yaitu terdiri dari:

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan
  4. Manfaat
Berikut ini lebih jelas tentang Contoh Pendahuluan Makalah:



Contoh Pembahasan Makalah

Pembahasan Makalah merupakan isi dari makalah. Referensi dan sumber yang terkait dengan penelitian dalam makalah. Dalam Pembahasan Makalah inilah semua materi tinjuan pustaka, hasil penelitian berupa wawancara, observasi lapangan, kegiatan eksperimen laboratorium dan lain-lain ditulis secara detail untuk menjawab point-point penting yang dirumuskan dalam rumusan masalah pada Bab I makalah. Untuk Contoh Pembahasan Makalah ini anda bisa lihat pada setiap contoh makalah yang ada di sini.

Contoh Penutup Makalah

Penutup Makalah ini biasanya berisi:
  1. Kesimpulan; yaitu kesimpulan atau hal apa yang menjadi pemecah masalah dalam makalah.
  2. Saran; memberikan beberapa saran tentang hal yang berhubungan dengan isi makalah.
Berikut ini Contoh Penutup Makalah pada Bab III:



Contoh Daftar Pustaka

Pada Daftar Pustaka, kita tulis dengan rapi sumber-sumber informasi yang Anda gunakan sebagai referensi penulisan makalah. Untuk Contoh Daftar Pustaka harus diperhatikan cara penulisan yang baik dan benar, silahkan lihat contohnya di bawah ini:


Demikian pembahasan tentang Susunan Makalah Yang Baik dan Benar Beserta Contohnya
, mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat bagi anda yang sedang menyusun makalah untuk kegiatan pembelajaran di sekolah, perguruan tinggi ataupun di mana saja anda menuntut ilmu.

Artikel Terkait